6 Juli 2014

All New Honda Jazz Generasi Ketiga yang Antijomblo

SETELAH 10 tahun mendominasi pasar hatchback di Tanah Air melalui dua generasi awalnya, kini generasi ketiga Honda Jazz hadir dalam wujud yang hampir sama sekali berbeda. Tidak hanya dari sisi desain eksterior yang diklaim makin keren dan sporty, All New Honda Jazz juga kian mengedepankan konsep kompak nan fungsional.

Artinya, kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual Honda Prospect Motor Jonfis Fandy, mobil ini betul-betul memaksimalkan fungsi setiap ruang dengan volume tiap ruang yang semakin luas. Volume kabin penumpang, ruang kaki, hingga ruang kargo dibuat lebih besar dari generasi sebelumnya, bahkan menjadi yang terbesar di kelasnya.

Jonfis tak menampik untuk menghasilkan perubahan mayor tersebut, All New Honda Jazz telah dirancang secara agresif dengan sentuhan teknologi tinggi di sana-sini.

“Hasilnya, All New Honda Jazz cocok untuk Anda yang keren. Ini mobil keren (cool) dan antijomblo,“ ujarnya sedikit bercanda saat peluncuran All New Honda Jazz di Central Park, Jakarta, Kamis (26/6).

Apa saja sisi keren dari Honda Jazz teranyar itu? Dari tampilan luar, mobil ini hadir dengan desain baru yang cukup menarik perhatian. Mulai gril depan dark chrome plating dengan emblem RS yang terkesan gagah, bumper depan yang tegas, LED headlight tajam, hingga garis bodi dinamis nan memikat.

Belum lagi desain bagian buritan yang tak kalah agresif dari bagian depan. Agresivitas itu terutama diwakili oleh garnish berkelir dark chrome dan bumper belakang yang kian terlihat kukuh. Ditambah dengan velg 16 inci, kian lengkaplah tampilan sporty dari All New Honda Jazz.

Perubahan di interior tidak kalah heboh. Begitu masuk kabin depan langsung disuguhi konsep desain kokpit yang disebut `sophisticated futuristic' berselubung fitur-fitur teknologi terkini. Semisal tombol one push ignition system, fitur cruise control dan paddle shift di lingkar kemudi, dan audio video dengan layar sentuh 6,1 inci.
Namun, yang cukup istimewa ialah kelapangan kabin yang disediakan. Itu akan dapat langsung dirasakan begitu Anda duduk di dalam All New Honda Jazz, baik di bangku penumpang depan maupun belakang.

Terdapat pula fitur ultraseat yang memungkinkan pengaturan berbagai konfigurasi tempat duduk. Sandaran kursi di baris kedua, misalnya, bisa dilipat rata dengan lantai bagasi sehingga dapat meletakkan barang yang tinggi ataupun panjang.
Earth Dreams Technology Di sektor `jantung' mobil, pada dasarnya All New Honda Jazz masih mengandalkan mesin 1,5 L SOHC i-VTEC 4 silinder.

Namun, mesin itu telah dikembangkan dengan struktur dan bahan lebih ringan sehingga dapat mencapai efisiensi bahan bakar maksimal dan performa fun to drive.

Mesin yang disebut mampu menghasilkan tenaga 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 14,8 kgm pada 4.800 rpm itu kemudian berpadu dengan sistem transmisi CVT Earth Dreams Technology dan transmisi manual 5 percepatan dengan pengembangan terbaru.
“CVT dengan Earth Dreams Technology mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan tetap hemat bahan bakar di putaran tinggi,“ jelas Large Project Leader All New Honda Jazz Makoto Konishi dalam presentasinya.

Dengan semua keunggulan dan kebaruan itu, mobil yang diproduksi di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat, tersebut bakal dilepas dengan harga termurah Rp199 juta untuk tipe A M/T hingga Rp248 juta untuk tipe RS CVT (on the road Jabodetabek). (Pun/S-3) - Media Indonesia, 3 Juli 2014, Halaman 22