10 September 2014

Bergaya di Bali bersama All-New Honda Jazz

SLOGAN It's cool, it's you sepertinya cocok disematkan kepada mobil hatchback andalan keluaran terbaru PT Honda Prospect Motor (HPM), All-New Honda Jazz.Generasi ketiga Honda Jazz yang diluncurkan pada 26 Juni lalu itu memang tampil keren saat tebar pesona bersama para awak media di Pulau Dewata, akhir pekan lalu.

Kendaraan yang mendominasi pasar hatchback di Tanah Air selama 10 tahun terakhir itu hadir dengan perubahan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan generasi pertama (2001, di Indonesia 2004) dan generasi kedua (2008).

HPM bahkan mengklaim All-New Honda Jazz hingga kini telah dipesan sekitar 3.000 unit, dengan 2.000 di antaranya sudah terkirim ke konsumen. “Target kami 18 ribu sampai akhir tahun,“ ungkap Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM Jonfis Fandy di sela-sela uji kendaraan bertajuk The Cool Test Drive di Bali, 27-29 Agustus.

Keren, itulah kesan yang Media Indonesia rasakan saat bisa `mengenal lebih dekat' Jazz keluaran terbaru tersebut. Apalagi, ada suasana Pulau Dewata yang memberikan pengalaman seru bagi para peserta, seperti diharapkan Presiden Direktur PT HPM Tomoki Uchida ketika memberi sambutan di The Mulia Hotel Nusa Dua.

Panasnya cuaca Nusa Dua yang dekat dengan pantai dan laut tak lagi terasa begitu berada di ruang kabin Jazz yang nyaman dan lapang yang menjadi karakter khas Honda. Kabin Jazz generasi ketiga itu memang dirancang lebih lega ketimbang edisi sebelumnya.Kursi baris kedua bahkan bisa dilipat menjadi rata dengan bagasi untuk memberikan kesan eksklusif atau layaknya mobil sport dua penumpang.

Bukan cuma itu, sensasi terbaru All-New Honda Jazz ialah smart entry system dan one push ignition system yang diterapkan untuk tipe RS. Kebetulan, seluruh peserta mendapat jatah tipe itu dalam beberapa pilihan warna terbatas untuk test drive kali ini.
Dengan smart entry system, pengendara cukup menyimpan kunci dalam saku dan pintu mobil otomatis terbuka saat tangan menyentuh handle pintu melalui bantuan sensor yang ada di smart key.Eksplorasi fitur Yang menarik, penyelenggara memberikan tantangan kepada para jurnalis untuk masing-masing mengeksplorasi mobil sesuai dengan tema yang dipilih secara berpasangan seraya ditemani seorang gadis penunjuk jalan. Media Indonesia bersama rekan dari majalah Mobilmotor pun langsung terlintas untuk `melarikan' mobil Jazz berwarna attract yellow pearl ke jalan Tol Mandara setelah mendapat undian untuk menguji sejumlah teknologi canggih di dalamnya.

Fitur pengendalian otomatis cruise control pun berfungsi ketika kami melintasi tol di atas laut yang baru diresmikan tahun lalu itu. Tanpa harus menginjak pedal gas, laju kecepatan kendaraan bisa kami pertahankan pada titik 100 km/jam di jalan bebas hambatan sore itu. Perpindahan transmisi matik juga terasa halus berkat dukungan teknologi CVT earth dreams yang diaplikasikan ke dalam mesin 1,5L SOHC i-VTEC 4 silinder milik Jazz. Teknologi electric power steering terbaru dengan diameter column shaft juga kian memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Sebetulnya masih ada beberapa fitur yang belum sempat tergali. Namun, hal itu tampak disengaja untuk memberi kesan lebih mendalam bagi para awak media yang hadir melalui berbagai acara lain, termasuk mengunjungi Rumah Apung di Pantai Serangan untuk mengikuti kegiatan CSR HPM dalam upaya penyelamatan terumbu karang di kawasan itu.

Di situ, para peserta bebas memilih kesenangan masing-masing untuk snorkeling, berenang dengan hiu-hiu peliharaan, dan memancing di laut bebas, atau bahkan sekadar melepas lelah. Keriangan juga terpancar saat menikmati makan siang dengan suasana sejuk Unique Rooftop Restaurant Jimbaran. Tak ketinggalan, Cool Party di ZJ's Bar The Mulia menjadi puncak acara pada Kamis (28/8) malam. Kegiatan The Cool Test Drive pekan lalu itu terasa sekeren penampilan Honda Jazz terbaru. Yang keren, ya kamu.... (Ton/S-2) Media Indonesia, 4/09/2014, hal 23